PMM UMM di Desa Pecanggaan Berkenaan dengan Mitigasi Kekeringan, Narkoba, dan Bullying

 

Pembagian poster mitigasi kekeringan/PMM UMM

BUMING.id - Berikut informasi tentang kegiatan PMM UMM di Desa Pecanggaan yang meliputi tiga hal. Diketahui tiga hal itu meliputi Mitigasi Kekeringan, Peningkatan Lestari anak, dan Sosialisasi keselamatan pemudah desa Pecanggaan Kecamatan Pengarengan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Jatim). 

Mengutip PenaÉstoh, informasi kegiatan PMM UMM di Desa Pecanggaan, termasuk kegiatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Lebih tepatnya kelompok mahasiswa ini sedang melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Pecanggaan Sampang. 

Pelaksanaan kegiatan PMM UMM di Desa Pecanggaan ini dari 22 Januari sampai 20 Februari 2024, dengan pelaksanaan yang khidmad dan sukses.

Tentunya pada kegiatan PMM UMM di Desa Pecanggaan melibatkan masyarakat Desa Pecanggaan, Anak-anak atau peserta didik, dan kepada para pemuda setempat. 

Hal itu dikatakan Mahasiswa PMM UMM yang mensukseskan Program Pelestarian Desa di Pecanggaan Sampang, Fidya Shine Izzabillah seperti dalam Péna Ésto, Kamis 29 Februari 2024. Menurut dia, PMM UMM di Desa Pecanggaan juga memberikan edukasi mengenai Bullying pada peserta didik di SDN Pecanggaan 1. 

"Seluruh anggota PMM Bhaktiku Negeri kelompok 47 gelombang 6 mengadakan kunjungan ke SDN Pecanggaan 1. Tujuannya, untuk mengsosialiasasi tentang bullying agar siswa-siswi memiliki edukasi dan wawasan luas mengenali pandangan bullying. Kami juga memberikan materi kuis seru dan berhadiah," ungkapnya. 

Saat melakukan kunjungan, pihaknya mendapat respon positif dari pihak guru dan siswa di sekolah tersebut. Bahkan murid-murid di SDN Pecanggaan 1 sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal itu terlihat saat siswa aktif bertanya seputar materi yang diberikan. 

 "Kami, atau tim PMM UMM berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa-siswi SDN Pecanggaan 1 bisa memahami tentang bullying dan dapat mencegah terjadinya bullying disekolah," katanya 

Disambung mahasiswa PMM UMM di Desa Pecanggaan lainnya Tariza Bilbina Tilmasani menjelaskan, bahwa pada Jum'at 12 Februari 2024 lalu, pihaknya telah menggelar kegiatan sosialisasi tentang penanggulangan pemuda anti narkoba di kediaman Kepala Desa (Kades) Pecangaan Kecamatan Pengarengan. 

Narkoba itu, kata Tariza menguraikan, merupakan zat terlarang yang dapat membahayakan Kesehatan mental penggunanya. Selain itu, penyalahgunaan narkoba juga dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif seperti kerusakan fisik dan mental, kecanduan, bahkan kematian sekali pun. 

"Sebagai upaya untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba, kelompok PMM UMM atau kami mengadakan sosialisasi mengenai penanggulangan anti narkoba di Desa Pecanggaan ini," kata dia menjelaskan. 

Sementara tujuan kegiatan tersebut, menurut Tariza untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bahaya narkoba. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya penanggulangan narkoba. 

"Maka kami menghadirkan narasumber dari Kepolisian Republik Indonesia (PORLI) setempat, untuk mengulas aoa itu narkoba, Janis-jenisnya, bahaya narkoba bagi Kesehatan mental. Materi yang disampaikan juga berkenaan dengan dampak penyalahgunaan narkoba bagi individu, keluarga, dan masyarakat Pemuda desa. Alhamdulillah para pemuda setempat sangat antusias mengikuti sosialisasi ini," imbuh Tariza memperjelas. 

Sementara Mahasiswa PMM UMM di Desa Pecanggaan lainnya Abdillah mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya membagikan poster yang berkenaan dengan Mitigasi Kekeringan. Tentunya hal itu pihaknya lakukan, agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Mitigasi Kekeringan. 

 "Kami juga memberikan edukasi kepada masyakarat Desa Pecanggaan tentang cara-cara untuk melakukan mitigasi kekeringan dan mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan kekeringan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses," pungkasnya.

Demikian informasi tentang kegiatan PMM UMM di Desa Pecanggaan yang Tintaruncing sajikan. Semoga bermanfaat.***


Penulis: Fau

Editor: Helap

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar