Merenungi Diri Sejati

Merenung
Aryo Helap

Buming.id - Taukah andah, bahwa manusia itu termasuk makhluk yang diciptakan oleh sang pencipta? Sebab secara terang, manusia merupakan makhluk yang terbuat dari empat unsur. Yakni tanah, api, angin dan udara. Kemudian manusia ditiupkan roh oleh sang pencipta, saat masih dalam kandungan. 

Tetapi kali ini, Buming akan membahas lima (5) hal yang ada pada diri manusi. Bukan hanya itu, lima hal tersebut akan dibeberkan letaknya. Hal itu agar manusia yang membaca uraian kali ini, mampu berkomunikasi dan menggabungkan kelimanya menjadi satu tujuan dalam suatu kehidupan. 

Lima hal dalam diri manusia itu terdiri dari hati, akal, nafsu, perasaan, dan badan. Kelima diri pada manusia ini berbeda-beda letaknya, sehingga harus bervarian juga penanganannya.

Pertama hati, letaknya berada pada dada sebelah kiri dan dua inci di bawahnya susu. Dalam kehidupan diri manusia, hati memiliki peran tersendiri. Yakni memberikan masukan kepada akal, perasaan dan nafsu. 

Namun perlu diketahui, bahwa hati dipengaruhi oleh dua hal. Yakni energi positif dan energi negatif. Sehingga dalam hal ini, manusia cukup menekan energi negatif dan mendorong energi positif.

Kedua akal, tempatnya di otak yang terletak pada kepala manusia, peran akal akan sangat dibutuhkan. Yaitu, untuk mengalkulasi sesuatu sehingga menjadi ilmu. 

Baca juga => Di Sampang Permainan Bhânteng Rawan Punah

Sementara  akan terus menggiling sesuatu yang dapat, hingga seseorang itu merasa kantuk dan tidur. Artinya, akal akan bekerja selama mata manusia terbuka. 

Kendati demikian, akal masih memiliki kelemahan. Yaitu, akal cendrung tidak fokus atau fokusnya selalu terpecah. Sehingga manusia harus melatih fokus akal, agar mampu berfikir dengan fokus. 

Ketiga nafsu, letaknya pada dua inci di bawah pusar. Nafsu merupakan energi yang juga dibutuhkan oleh manusia. Sementara pada nafsu terdapat dua energi, yaitu positif dan negatif. Namun dari dua energi ini, manusia lebih cendrung ke energi negatif. Sehingga manusia perlu melatih nafsunya, agar tidak dominan pada nafsu negatif. Caranya, dengan mengurangi makan. 

Keempat perasaan, letaknya berada di sekujur tubuh sebelum kulit. Dalam hal kehidupan, perasaan merupakan sesuatu yang menerima apa-apa dari hati, akal, dan nafsu. Dalam perasaan juga terdapat naluri, yang apabila diasah bakal menjadi sesuatu yang positif dampaknya. 

Kelima badan, yakni tubuh manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki. Badan merupakan sesuatu yang menerima imbas dari sesuatu yang didapat oleh perasaan. Maka dari itu, segala sesuatu yang tubuh manusia lakukan, sebenarnya termasuk sesuatu yang dilakukan oleh hati, akal dan nafsu. 

Demikian penjelasan terkait lima hal pada manusia. Dalam pengungkapan ini, Pena Estoh meminjam teori interpretasi diri, yang kerap dipakai para tokoh-tokoh intelektual. Bukan hanya teori, Pena Estoh juga melakukan pendalam melalui metode rahasia yang dimilik para pakar filsuf jawa. 

(A/B)

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

1 komentar